CHAPTER 2 : Senjata ?

 

 

Halo lagi semua.. Ini post ke-2 seumur hidup saya salam sejarah per-blog-an, dan kali ini yang dibahas adalah tentang senjata yang mematikan. Hhhmm serem juga sih topiknya.. Senjata apa nih tapi ? enaknya kita ngebahas senjata apa ya ?

Apa senjata pembunuh massal macam nuklir ?

Gak deh jangan ngebahas ini, terlalu serem. Yang lain aja kali ya,

 

hhmm senjata macam bazooka dan machine gun mungkin ?

Tidak-tidak, kita disini mau buat blog yg kreatif bukan mau ngebahas senjata perang. Next !

 

Kalo bukan senjata kayak gitu mungkin senjata ini kali yang lebih mematikan

KETAMPANAN

Haduuh, males juga ngebahas ini. Lagian hati dan sifat yang tulus juga senjata yang gak kalah hebat sama ketampanan kok.

 

Yang lain deh, calon terakhir.

RUMOR

Nah ini dia.. Rumor / kabar angin / gosip / desas-desus. Menurut saya ini merupakan salah satu senjata mematikan yang ada. Rumor bisa aja jadi jauh lebih mengerikan dibanding senjata-senjata yang ada di atas. Mau tau kenapa ? Ok, kita bahas mengenai rumor lebih dalam.

 

FAKTANYA

  • Manusia lebih tertarik untuk membicarakan sesuatu yang belum jelas kebenarannya. Rumor&Gossip >News&Facts
  • Manusia suka berasumsi. Jadi dari sedikit informasi yang mereka terima, mereka akan mengembangkan informasi itu sesuai interpretasinya. Dari sinilah rumor ini muncul
  • Kreatifitas manusia tidak terbatas. Ini adalah alasan mengapa kita dapat menerima rumor meskipun belum tentu rumor itu benar.
  • Masyarakat mencintai gosip, apalagi di Indonesia. Mau bukti ? Siaran berpendidikan seperti TVRI yang gak nyiarin acara gosip tidak laku di pasaran. Sebaliknya ,TV swasta yg dipenuhi sama acara infotainment mempunyai rating cukup tinggi. Ironisnya, skrg banyak berita yang diangkat hanya dari sekedar rumor seperti yg pernah dilakukan sama TV *Ne.

 

WHAT RUMOR DOES

Apa aja sih yg bisa dilakukan rumor ? Kenapa bisa jadi senjata yang menyeramkan ?? Gak berlebihan tuh ?

Jawabannya : ini sama sekali gak berlebihan kok, rumor emang se-powerful itu. Dia bisa mengganggu banyak aspek dalam kehidupan. kita bahas satu-satu ya

 

1. Rumor dapat menyebabkan seseorang kaya atau miskin mendadak.

Gimana caranya ? Pernah nonton Wall Street 1 atau 2 ? Senjata apa yang dipakai untuk menaikan harga saham ? Yap, spread the rumors. Para trader tentu tau bahwa strategi bermain saham adalah buy when it still on rumors and sell on the news. Mereka mencoba berspekulasi dengan berpatokan pada rumor untuk memutuskan saham mana yang akan mereka beli. Rumor berkata saham A akan naik, maka para trader pun berbondong-bondong membeli saham A. Tapi apa pasti harga saham A akan naik ? bisa aja itu jebakan bandar supaya bandar yang untung kan ? Itulah contoh yang dapat menyebabkan seseorang kaya atau miskin mendadak

 

2.Rumor dapat mengontrol asumsi publik

Apa lagi ini ? Asumsi publik ? ya, rumor bisa aja mengontrol asumsi publik. Contoh nih ya, pendaratan NASA di bulan. Ada 2 rumor yang beredar kan ? yang satu bilang bahwa Neil Armstrong mendengar adzan di bulan trus setelah pulang ke bumi dia menjadi pemeluk agama Islam. Rumor satunya berkata bahwa, pendaratan NASA di bulan hanyalah rekayasa belaka untuk menakuti Uni Sofiet pada zamannya dan perekaman dilakukan di studio. “Itu rekayasa ! liat aja benderanya berkibar !!” yaah itu kata sebagian orang yang kemakan rumor. Contoh lainnya, ada yang bilang global warming itu propaganda, ada yang bilang kalo dark side of the moon really exist, padahal gak. Yaah intinya rumor gak mengontrol asusmsi publik dalam skala kecil, tp justru dalam skala yang sangat  besar.

 

3. Rumor dapat menyebabkan kekalahan dalam perang

Pernah baca ART OF WAR-nya Sun Tzu ? di situ dibahas kalau rumor merupakan strategi ampuh untuk memenangkan perang. Para strategist terkemuka di Cina seperti Zhuge Liang, sering menggunakan rumor atau missleading information untuk menjebak dan membingungkan musuh. Alhasil, rumor tersebut merupakan faktor penting dibalik kemenangan peperangan mereka. Perang yang dimaksud ini juga mencakup hal-hal seperti pemilu. Saat berkampanye, apabila muncul rumor tidak mengenakkan terhadap calon. Maka suara yang didapat oleh sang calon pun dapat berkurang.


4. Rumor dapat menyebabkan kekacauan

“Rumornya film-film holywood udah gak bisa masuk lagi nih ke Indo”. Apa yg terjadi setelah itu ? Protes dimana-mana

“Rumornya harga bensin mau dinaikin 3x lipat lho”. Tak lama kemudian, rusuh perebutan bbm

“Rumornya SBY menyalahgunakan kekuasaan”  Demo gulingkan SBY bermunculan

“Rumornya FPI menyinggung Ahmadiyah” Bentrok antar kedua kubu pun terjadi

Padahal dari contoh-contoh di atas, tak satupun yang sudah dikonfirmasi secara jelas, tp orang-orang telah bertindak lebih dulu bahkan sebelum tahu kebenarannya. Rumor Rules.

 

5. Rumor dapat membuat seseorang jadian atau putus

hhhmm. tidak perlu dibahas panjang lebar namun hal ini kerap terjadi

 

6. Rumor dapat mengganggu kestabilan mental seseorang

Seorang public figure, pejabat, selebritis sering sekali dikaitkan dengan rumor oleh media. Kadang pemberitaan yang berlebihan dapat mengganggu kondisi kejiwaan manusia. Selebriti digosipkan selingkuh, pejabat digosipkan korupsi, seorang warga dituduh pencuri, mahasiswa difitnah pemakai narkoba. Hal-hal seperti ini tentu sangat mengganggu kestabilan mental seseorang.


7. Rumor dapat mencemarkan nama baik atau sebaliknya mempromosikan nama

“Iih Ajinomoto kan mengandung babi” setelah itu ajinomoto hampir dilarang beredar

“Nestle itu produk yahudi lho” orang-orangpun menghindari membeli produk ini

“susu bubuk mengandung bakteri berbahaya” tingkat pengkonsumsian susu bubuk berkurang

“denger-denger 2012 kiamat” saat film 2012 keluar, orang-orang sangat antusias menontonnya. Strategi marketing yang bagus.

“facebook mau ditarik bayaran” masyarakat jadi sering membuka situs facebook

 

Setelah diulas satu-satu kita sudah tau kan betapa menakutkannya rumor. Rumor emang aneh, berbahaya tapi kebanyakan orang menyukainya. Karena alasan itulah rumor merupakan senjata yang mematikan menurut saya. Tidak membutuhkan biaya, minim tenaga namun berdampak maksimal. Itulah kekuatan rumor.

 

Sekian postingan ke 2 dari saya, semoga berguna. hehe

-fin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s