CHAPTER 3 : Creativity and Innovation

Halo,

Kali ini postingan ke 3, dan tugas kali ini adalah ngebahas apa bedanya antara Creativity dan Innovation. Kalo menurut saya, sekilas 2 kata ini punya arti yang mirip. Contoh aja deh ya biar gampang, kita sering ngomong gini, “iih apple tuh kreatif ya bisa ngebuat ipad.” Apa bedanya sama, “iih apple tuh inovatif ya bisa ngebuat ipad”. Kayaknya arti kalimatnya sama-sama aja tuh. Tapi itu kan kalau dari gambaran luar aja, padahal sebenarnya creativity dan innovation adalah dua hal yg beda lho. Tapi memang dua hal ini saling ketergantungan, berkaitan, dan berhubungan. Mari kita bahas kedua hal ini.

 

Apa sih creativity itu ?

Kalau kata wikipedia :

“Creativity refers to the phenomenon whereby a person creates something new (a product, a solution, a work of art etc.) that has some kind of value. What counts as “new” may be in reference to the individual creator, or to the society or domain within which the novelty occurs. What counts as “valuable” is similarly defined in a variety of ways.”


Di sini disebutkan kalau kreatifitas berarti menciptakan sesuatu yang baru dan juga mempunyai nilai.

 

Kalau dari gambar ini, kreatifitas muncul dari rasa keingintahuan kita. Manusia pasti dipenuhi rasa ingin tahu. Rasa penasaran itu kalo diteruskan nantinya bisa menghasilkan suatu kreatifitas. Karena itu, pingin banyak hal atau kepo berarti hal yang bagus dong, soalnya itu selangkah mendekatkan kita ke kreatifitas.

 

Sekarang kita bahas Innovation

Apa itu innovation ?

“Innovation comes from the Latin innovationem, noun of action from innovare. The Etymology Dictionary further explains innovare as dating back to 1540 and stemming from the Latin innovatus, pp. of innovare “to renew or change,” from in- “into” + novus “new”. Innovation can therefore be seen as the process that renews something that exists and not, as is commonly assumed, the introduction of something new. Furthermore this makes clear innovation is not an economic term by origin, but dates back to the Middle Ages at least. Possibly even earlier.”


Kalau kata wikipedia, innovation itu berarti memperbaharui. Jadi mengembangkan sesuatu yang susah ada.

Innovation adalah suatu perjalanan, bukan tujuan akhir. Inovasi diawali dengan mengeksplorasi sesuatu. Sesuatu yang telah diciptakan dieksplorasi sampai akhirnya inovasi tercipta.

Trus apa dong hubungannya kreatifitas dan inovasi ?

Untuk menciptakan inovasi kita membutuhkan kreatifitas. Tanpa kreatifitas kita gak bisa menciptakan inovasi. Jadi singkatnya pengimplementasian kreatifitas akan membuahkan inovasi. Nih ada gambarnya

 

Kesimpulannya

kreatifitas apabila diterapkan akan menghasilkan inovasi. Jadi dua hal ini tidak sama, tapi berkaitan.

 

hhmm.. berarti yang bener itu kalimatnya, “iih apple tuh inovatif ya bisa ngebuat ipad”. Karena ide kreatifnya apple untuk ngebuat ipad udah dieksekusi sampai jadil si ipad itu. hehehe

 

Okee, sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat. Salam Kreatif !

-fin

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s