CHAPTER 8: PORT

Halo semua,

alhamdulillah skrg udah postingan ke 8. berarti udah banyak juga ya yang ditulis. Sekedar info, angka 8 adalah angka favorit si penulis. Jadi mudah-mudahan ini postingan dengan ide yang paling brilian. amiin. hehehe.Oke let’s start now.

Saya akan membahas tentang PORT business Model.

Sebelumnya, Port itu apa?? kenapa bisa jadi judul postingan yang ke 8?

Jadi begini ceritanya:

Saya, Nara, Wedhi, dan Diko sedang duduk-duduk dibelakang pada saat kelas berlangsung. Bukan berarti kita dibelakang jadi anak nakal yang ngeganggu teman-teman dan gak menyimak kelas lho, justru kita sangat memperhatikan. Kali ini kelas dikasih tugas oleh Dosen paling kreatif di kelas CI, Pak Ngger (yang sudah menulis beberapa buku best seller) dan dibantu oleh tutor andalan SBM yang keren dan berprestasi kak Bayu, tentang membuat produk dan business model sendiri di salah satu bidang Social Media, Video, atau Telecommunication.  Dibuat oleh kelompok beranggotakan 4 orang. Nah pas kan tuh 4 orang dibelakang akhirnya membentuk kelompok deh.

Kami bingung, mau membuat produk inovasi di bidang apa antara Social Media, Video atau Telecommunication. Karena kami di kelas ini ditantang untuk berpikir se-kreatif mungkin, akhirnya kami memilih untuk menggabungkan 3 bidang itu menjadi satu produk inovasi yang canggih dan merupakan breakthrough zaman modern. Lahirlah sebuah product bernamakan, PORT.

Sekilas tentang PORT:

“Port: never gets too much”

Jadi intinya, Port ini adalah penggabungan dari Social Media, Youtube, dan Telecommunication Company. Hal ini dibuat karena kami merasa banyaknya layanan-layanan yang sebenarnya dapat disatukan. Ada Facebook dan Twitter, ada MSN dan Skype, Ada youtube dan TV kabel berlangganan. Kita tentunya menggunakan layanan-layanan tersebut setiap harinya secara bergantian, tapi akan lebih efisien jika ada satu layanan yang menggabungkan semua itu. Apakah layanan itu ? itulah PORT. PORT muncul diiringi dengan mulai dipasarkannya Internet TV. Jadi nantinya internet TV akan diisi oleh program PORT ini untuk memaksimalkan fungsi Internet TV itu.

PORT ??

Konsepnya adalah dimana anda menonton tv, tetapi channelnya selain ada yang konvensional seperti HBO, Starworld, ESPN, dll. Ada juga channel yang user generated. Hmmm menarik kan ? User juga memiliki fungsi untuk men follow/unfollow dan timeline serta foto storage dan fungsi tag. Setiap User memiliki channel yang juga berisikan profile dari user tersebut.   Inilah yang ditawarkan PORT, never gets too much from one feature.

Target market kami tidak berskala lokal tetapi global dan mencakup skala internasional. Semua orang didunia membutuhkan hiburan dan sulit melepaskan diri dari internet. Namun akan lebih memudahkan jika di negara tersebut sudah tersedia bandwith yang cukup baik.

Bagaimana merealisasikan ide ini ? Realistiskah ?

Tentu dong. kayak postingan-postingan sebelumnya, oprtimis itu penting. hehehe

Kami akan melakukan bundling dengan Sony untuk internet TVnya, dan juga fast net untuk layanan koneksi internet dan tv berlangganan. Kami akan memadukan program yang kami buat dengan layanan profesional dari perusahaan-perusahaan terkemuka dibidangnya. Gak sabar mencobanya? tunggu aja kita akan coba membuat nantinya. hehe

Fiturnya?

Ini dia biar lebih jelas,

  1. Conventional Channel: Layaknya TV kabel berlangganan biasa, kita menyediakan puluhan channel lokal dan internasional dan juga ratusan acara andalannya.
  2. User Generated Channel: Channel conventional gak cukup ? Tenang aja, ribuan user nantinya akan menyediakan channelnya sendiri yang isinya acara-acara yang mereka buat. Misalnya ada yang buat channel belajar gitar, channel comedy dll. Dan channel dari semua user sudah digolongkan kedalam category yang se-spesifik mungkin. Kita mempunyai rating system, jadi nanti kita bia mempromosikan user channel yang ber rating paling tinggi
  3. Social Media: Setiap user bisa mengupload foto atau video, mengupdate status dan profile, men follow user lain, menulis blog. Kami menggabungkan fungsi-fungsi beberapa social media tapi kami mengemasnya dengan interface yang simple dan futuristic. Leave others, choose PORT. hehehe

Bayar gak ?

Tenang aja, kita tau semua manusia suka dengan kata gratis. Ini free kok. Paling bayar internet TV sama layanan internetnya aja.

Trus gak akan untung dong ?
hhhmm kalo kayak gitu sih. Emangnya, google, facebook, youtube dan twitter bayar ya ? gak kan.. hehe.
Nah sama dengan mereka, kita akan mendapat untung dari Ads. Para perusahaan pasti tertarik dong dengan layanan yang dipakai jutaan orang non stop setiap harinya. Iklan akan ditampilkan di channel-channel kami sesuai kategorinya. Jadi iklan tersebut akan lebih spesifik ditonton oleh target marketnya. Tertarik kan ? hehe
Nah sekian ide produk dari kami berempat. Doakan saja ini bisa segera terlaksana. amiiin. Kalau terlaksana tentunya kami tidak akan melupakan jasa kelas CI ini. hehehe
Sekian postingan ke 8 ini, semoga menginspirasi banyak orang. hehehe
Cheeers!
-fin
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s