CHAPTER 9: Menulis di Internet

Menulis di internet.. hhhmm.

Ini bisa aja:

-nulis status di social media

-ngepost di forum atau milis

-comment di video

-membuat blog

Wow udah postingan ke 9 aja. nih. cepet juga ya waktu berlalu. hehe. Yak, tugas kali ini tentang menulis di internet. apa ya yang mau dibahas ? oke deh, bahas tentang pengalaman buat blog aja mungkin ya.

Bismillah, let’s start

Sudah 19 tahun saya gak pernah menulis blog. Kenapa? ada beberapa alasannya

1. Saya bukan seorang penulis yang handal

2. Saya malu kalo tulisan saya dibaca orang-orang

3. Kalaupun alasan 1 dan 2 lagi hilang, saya gak tau apa yang mau ditulis.

Pengalaman saya di bidang menulis di internet pun:

Saya punya profile di facebook tapi udah 2 tahun lebih gak diupdate

Saya punya account di twitter tapi gak pernah nge-tweet, kalaupun ada ngetweet paling cuma ngetweet tugas ke @mb408 aja. hehe. Atau paling accountnya lagi dibajak temen. hehe

Kalau saya membuka situs forum, saya cuman ngebaca aja tp gak pernah nge reply.

Tapi alhamdulillah, mungkin takdir namanya. Saya dipertemukan dengan kelas Creativity and Innovation ini. Di kelas ini saya diwajibkan untuk membuat blog. Akhirnya saya memulai debut saya untuk menulis internet thanks to kelas ini.

Pertama kali saya masuk ke dunia perblogan, ternyata menarik juga. Contohnya aja sekarang udah banyak postingan yang saya buat. Dan disini juga penulis bisa bebas menuaikan kata-kata. Penulis bisa bebas berkreasi mengekspresikan ide dengan tulisan, gambar, dan juga video.

Berdasarkan pengalaman saya, keuntungan menulis di internet adalah:

1. Keuntungan dimasalah penulisan. Tidak boros tinta. Trus tulisan saya juga gak tergolong bagus. Jadi saya terbantu dengan adanya berbagai pilihan font. hehe.

2. Tidak boros kertas. Sudah ribuan kata saya tuliskan di blog ini, namun tidak selembar kertas pun hilang karenanya. Save the earth guys, go green!

3. Praktis. Salah tulis ? tinggal tekan backspace. Gak perlu tipe ex atau ganti kertas baru. Kalau pun ada postingan yang ingin diedit juga jauh lebih mudah.

4. Lebih banyak pilihan untuk mengekspresikan sesuatu. Ada pilihan gambar, video, musik, emoticon, link ke situs lain. Jadi lebih banyak informasi yang bisa disampaikan. Tampilan pun dapat lebih menarik.

5. Semua orang dapat membacanya dan memberikan tanggapan. iya, kalau buku diary atau buku harian (yang memang saya gak pernah juga nulis keduanya) kan berisi hal-hal yang sangat private, kalau disini mungkin sedikit di saring lah apa yang mau ditulis. Karena banyak yang baca. Kesalahan menulis juga bisa berbahaya, karena interpretasi orang terhadap kalimat dapat berbeda-beda.

Begitulah tanggapan saya tentang menulis di internet.

Semoga postingan ini berguna. Sekian dan terima kasih.

-fin

Leave a Reply

