GRAND FINALE: Local Brand Goes International

Ini dia postingan terpenting dalam sejarah perblogan saya. Sekaligus postingan ke 10 di blog saya ini. Postingan ini bernilai UAS. Ujian akhir. Jadi postingan kali ini bobotnya sangat tinggi dan harus dikerjakan semaksimal mungkin. hhmm tapi diluar semua itu, saya akan mencoba nulis seperti biasa tanpa panik, meskipun ini ujian.

Bismillah, wish me luck. hehehe

Oke, tema kali ini adalah membahas layanan dari Indonesia yang dapat menjangkau skala Internasional.

Entah kenapa, yang ada di pikiran saya langsung tercetus nama Kaskus. The largest Indonesian Community.

Kaskus, sebuah situs forum yang dibuat oleh Andrew Darwis ini sangat fenomenal di dunia maya. Berdasarkan situs alexa.com, yang mencatat traffic situs-situs di dunia maya (seberapa banyak orang yang mengunjungi situs itu setiap saatnya) Kaskus mencatat angka yang menakjubkan.

Di Indonesia Kaskus adalah Situs no 6 yang paling banyak di kunjungi.

Berikut listnya:

1. Facebook

2. Google.co.id

3. Google.com

4. Blogger.com

5. Yahoo!

6. Kaskus.us

7. Youtube

8. WordPress

9. Twitter

10. 4Shared

Dapat dilihat dari 10 situs diatas, semuanya berasal dari luar negeri kecuali Kaskus itu sendiri. wow. Kaskus diatas Youtube dan Twitter, saluut. Bisa disimpulkan kalau Kaskus adalah Situs Lokal yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Memang sih, di skala lokal kaskus hebat, tapi kalo didunia gimana ? Memang hebat juga ?

Jangan salah, kita lihat ranknya ya:

234. Kaskus

262. HP

266. Dell

280. Mozilla

288. Walmart

Kaskus peringkat 234 di dunia dari puluhan sampai ratusan ribu situs di dunia. Menurut saya ini prestasi lho, Bahkan menang dari situs-situs perusahaan terkenal dunia seperti HP, Dell, Mozilla, dan Walmart. Gimana? masih meragukan daya saing Kaskus di kancah Internasional??

Kaskus ini juga berperan penting di Indonesia, apa contohnya?

Tau Sinta Jojo? Briptu Norman? tau dong ya pasti, kan muncul terus tuh di TV. Kaskus berperan besar dalam membantu mempopulerkan mereka. Karena ada salah satu member yang membuat thread ttg mereka, lalu member yang lain berbondong-bondong melihat, memberi komentar, lalu  tanpa sadar para member pun menceritakan mereka ke temannya yang non member dan seterusnya word of mouth pun berjalan sampai kini mereka terkenal.

O, iya gimana kalo kita bahas dulu sejarahnya Kaskus,

KASKUS OVERVIEW

Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri.Nama “Kaskus” sendiri merupakan singkatan dari kata “kasak-kusuk”.

Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.

Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.

Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

Awal tahun 2011, Kaskus mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan menjalin hubungan kerjasama bersama Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum.Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah servernya hingga 250 buah serta melakukan rekrutmen pegawai baru hingga 80 orang. Kini anggota forum Kaskus hampir mencapai 3 juta member.

Setelah kita bahas Kaskus sekarang langsung kita bahas aja business modelnya Kaskus

KASKUS BUSINESS MODEL


Innovation Business Model

Innovasi kaskus yang menurut saya menakjubkan adalah bagaimana ia memaksimalkan people power dan arti dari sebuah forumnya. Di kaskus terdapat sub forum yang bernama forum jual beli. Menurut saya ini terobosan yang canggih dalam berjualan. Seorang member dapat menjual apa saja, dia dapat menawarkan barang dagangannya ke 3 juta member yang ada. Sebaliknya seorang member dapat mencari barang apa saja yang ditawarkan oleh jutaan member di kaskus.

Bagaimana bisnis dari sudut pandang pengelola situs itu sendiri? Pastinya hal ini gak kalah menarik dong. Misalkan saya seorang CMO disebuah perusahaan besar, saya pasti ingin masang iklan yang pastinya akan terus dilihat ribuan orang selama 24 jam kan? Nah dari situ sumber pendapatan kaskus. Iklan-iklan banyak yang ngantri untuk dipajang di kaskus page.

Contohnya seperti ini:

Selain itu, kaskus juga menawarkan membernya untuk berkontribusi balik ke kaskusnya sendiri tanpa ada unsur paksaan. Gimana caranya ? Lewat kaskus donator. Jadi setiap member bisa aja menyumbang berapa pun ke Kaskus dan hasilnya si member itu mendapat gelar Kaskus Donator. Keuntungan jadi kaskus donator adalah mempunyai fitur yang lebih dibanding member biasa.

Value Proposition

Sesuai dengan tagline kaskus yaitu, Largest Indonesian Forum. Value yang ditawarkan adalah bagaimana seorang member tidak berlandaskan latar belakang mereka di dunia nyata dapat berkontribusi di kaskus. Bagaimana mereka berkarya lewat tulisannya atau lewat hal-hal lainnya. Bagaimana mereka menshare informasi berguna yang dapat dinikmati banyak orang. Diskusi terbuka dan saling memberi pendapat. Mereka juga dapat mencari penghasilan lewat forum jual beli yang ada. Value lainnya adalah bagaimana komunitas terbesar di Indonesia juga dapat berperan langsung.


Customer

Market Segments

Kaskus tidak membatasi segmen dari para penggunanya. Tapi pada kenyataannya, lebih banyak member yang berusia 14-35 tahun. Kesimpulannya, mayoritas member forum ini adalah remaja dan dewasa. Kaskus juga tidak membatasi genre dan status sosial untuk menjadi seorang member. Karena banyak juga artis atau public figure yang mempunyai account kaskus. Berbagai macam kelas ekonomi menjadi member di kaskus dan semuanya berperan penting di forum ini. Itu salah satu keunggulan kasksus

Customer Relationship

Uniknya, di kaskus ini setiap member mendapatkan gelar sesuai tingkat keaktifan dan jumlah postingan mereka. Selain itu juga reputasi merupakan hal penting di kaskus. Member yang sangat disegani disebut moderator, moderator ini bertugas menjaga agar lingkungan forum tetap berjalan lancar dan tidak ada postingan yang melenceng seperti SARA atau lainnya. Member yang nakal, jail, iseng, biasanya diberikan reputasi merah (buruk) sama member lainnya.

Member dengan reputasi buruk akan dirugikan sewaktu berjualan karena banyak pembeli yang tidak akan percaya sama dagangannya. Nah lo, jadi meskipun di dunia maya etika juga harus tetep di jaga. Hebatnya, Kaskus member sering mengadakan gathering atau pertemuan antar member untuk menjaga tali silaturahmi antar member. Hebat juga ya, jadi gak cuma di dunia maya aja tapi dunia nyata mereka juga ngumpul bareng. Sang pendiri, atau admin kaskus Mr Andrew Darwis sangat dihormati oleh para membernya. Jadi bisa dibilang di forum ini terjalin ikatan kuat antar member dan pengelola.


Competitive Strategy

Karena kesuksesan kaskus, banyak forum yang mulai bermunculan dan mencoba menyaingi kaskus, menurut saya ini hal bagus. Karena kalau banyak saingan jadi kebutuhan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas semakin besar. Yang dilakukan kaskus untuk menjaga customer(member)nya adalah

=>Meningkatkan performa kaskus dengan menambah server

=>Menjaga interface kaskus yang user friendly

=>Meningkatkan benefit yang didapat dari member

=>Mengadakan berbagai macam event dan  promosi


Key Activities

Kuncinya di sini lagi-lagi pada membernya. Apa yang di posting oleh para member, dan bagaimana transaksi yang terjadi di forum jual bali. Karena itu jajaran administrator dan moderator tanpa lelah selalu menjaga Kaskus setiap harinya, karena hilang pengawasan sedikit akan berdampak besar terhadap Kaskus

Cost Structure

Maintenance cost

Menambah server untuk meningkatkan performa dan menjaga program-program yang ada dengan data back up and storage tentunya membutuhkan biaya

Salary Cost

Para moderator tentunya perlu gaji juga dong untuk menjalankan tugas 24 jamnya. Selain itu jajaran programmer di balik kaskus juga tentunya mendapat gaji.

Promotional Cost

Tanpa promosi, lama kelamaan membernya bisa semakin berkurang. Jadi dengan adanya promosi brand awareness public terhadap Kaskus juga terjaga.


Conclusion

Kesimpulannya, Kaskus yang sudah sangat kuat di kawasan nasional harus lebih berani bergerak lebih kencang di kancah internasional. Gimana caranya ? Di kaskus memang terdapat sub forum internasional yang isinya adalah orang-orang asing namun sayangnya belum seaktif sub-forum lainnya. Kaskus sebaiknya mulai mengadakan promosi untuk memperkuat forum international. Yang terpenting disini adalah, Kaskus harus mulai menarik lebih banyak member asing yang berdomisili di luar negeri. Ini merupakan peluang besar untuk Kaskus dimana ketertarikan orang asing terhadap social media dan forum sebenarnya jauh lebih tingi dibanding di Indonesia. Dengan bertambahnya member dari luar negeri, nama Kaskus pun dapat mulai dikenal dunia. Dan bukan tidak mungkin, suatu saat nanti Kaskus menjadi “Largest Community on Earth”  mengapa tidak ? hehe. Salut buat situs ini, semoga dapat terus berkembang dikedepannya.

Maju terus produk-produk Indonesia!

Alhamdulillah akhirnya selesai juga nulis UASnya. Mungkin postingan kali ini ini agak serius dibanding sebelum-sebelumnya. yaah namanya juga ujian. hehehe

Jangan lupa Rate threadnya

Atau kalau boleh, TS menerima

Hahaha itu contoh kalimat yang biasa ditulis kaskuser di akhir threadnya. Buat sekedar contoh aja kok. hehehe

Okee. Sampai disini, sekian dan terima kasih. Semoga postingannya sesuai harapan hehe.

-fin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s